Kamis, 29 Juli 2010

MISTIS TATTO DAYAK

 Tatto Wanita Suku Dayak


Tatto pada wanita dayak diberikan karena keahlian dibidang nya masing masing
Seperti seorang pejuang hebat yang ditatto sebagai keberhasilannya dalam memburu manusia,wanita ditato sebagai penghargaan mereka karena keberhasilan mereka dalam menenun,menari,ataupun menyanyi dengan tujuan protektif.Dalam kepercayaan ritual, tenunan menghubungkan mereka dengan roh-roh penolong sebelum mereka merancang tenunannya.Hal ini menginspirasikan jiwa yang lain untuk membuat tenunan baru. Pekerjaan tekstil,secara sosial dan ritual ‘dihargai’ dengan dibuatnya tato pada tangan wanita.oleh sebab itu corak dan gambar tatto pada wanita dayak diberikan berbeda beda sesuai dengan keahliannya.
Kepercayaan Tatto Suku Dayak

pada tatoo juga ada kepercayaan sendiri bagi wanita-wanita dayak.
Pada kaum wanita,tatto berhubungan dengan kepercayaan/ religi Tatto yang diyakini menjadi suatu penerangan/obor yang akan menemani seseorang ketika ia mengalami kematian,yaitu sebagai teman dalam menjalani keabadian,Unik memang.Maka dari itu, tattoo yang semakin banyak merupakan suatu hal yang baik,semakin banyak tattoo di tubuh mereka,berarti semakin banyak obor yang akan menemani mereka menempuh jalan keabadian setelah kematian.
Kematian dan kelahiran merupakan hal yang penting yang ditampilkan dengan lingkaran tato.Tato menawarkan suatu kesaksian secara visual sebagai penolakan dari seorang Suku Dayak untuk menerima akhir dari kematian yang tidak dapat dihancurkan.
Tatto merupakan simbol artikulasi yang menggambarkan ideologi Dayak secara implisit akan kehadiran mereka dalam kehidupan,seolah-olah merupakan sebuah kanvas akan kehidupan mereka sendiri.
Dalam ritual melakukan tato,anggota pria dari keluarga menggunakan pakaian berbahan kulit kayu.Pakaian kulit ini normalnya dipakai pada mayat dari pemimpin suku pada masa pemakamannya atau dipakai oleh para janda.
Di saat yang berbeda,para pemburu kepala manusia menggunakannya selama upacara penting.Tampaknya hubungan antara tato dengan penggunaan pakaian berbahan kulit kayu mengindikasikan bahwa seseorang akan mengalami suatu sisi baru dalam kehidupan setelah mengalami kematian.Maka tidak mengherankan, setiap komunitas Suku Dayak yang terdiri dari individu-individu terbagi atas kematian dan kehidupan,dimana setiap anggota suku yang meninggal kemudian akan tinggal bersama para Leluhur/Nenek Moyang village of the dead.Disanalah sebuah dunia yang sempurna dibangun, banyak pohon yang berbuah,jalan setapak dilapisi emas dan perhiasan,yang merupakan hal yang paling dianggap sempurna oleh anggota Suku Dayak pada kehidupan setelah kematian.mereka di suatu tempat yaitu
Dengan konsep tersebut,tatto dan kematian tak mungkin terlepas dari hal yang lain. Ketika roh seorang suku Kayan (salah satu bagian dari suku Dayak) pergi meninggalkan raganya,maka roh tersebut pergi ke village of the dead.Dalam perjalanan tersebut,roh mengalami berbagai rintangan dalam penerbangan spiritual tersebut.
Yang paling sulit setelah kematian adalah melalui Sungai Kematian.Berdasarkan tradisi,hanya roh wanita yang memiliki tato yang memberikan keturunan untuk keluarganya dan seorang pemburu kepala manusia (headhunter) yang menunjukkan tato di tangannya sebagai tanda kesuksesan, yang dapat menyeberangi jembatan balok kayu diantara air sungai kematian yang berbahaya.
MALIGANG atau penjaga jembatan seringkali tidak memberikan ijin untuk roh-roh tertentu untuk melewati jembatan dan menjatuhkan mereka ke sungai tersebut. Tragisnya,terdapat ikan-ikan berukuran besar bernama “Patan” (a giant catfish).
Bagaimanapun juga,jika roh memiliki tato, mereka bebas untuk melewati kegelapan di sisi yang lain. Meskipun dunia tersebut sunyi dan tidak nyaman, roh-roh yang memiliki tatto mulai terbakar dengan cemerlang dan perlahan mereka akan terbawa ke tempat peristirahatan terakhir,dimana mereka dapat berjumpa dengan para nenek moyang/leluhur mereka.




RADJA BONTANG,BUDAYA KUTAI,GUNTUNG BENUA TUHA

SUMBER:INTERNET

3 komentar:

  1. Baru tahu, klo Tattot di suku Dayak itu mengandung nilai mistis juga ya?

    BalasHapus
  2. kedaai obat:
    iya kawan tergantung corak gambar tatto nya

    BalasHapus
  3. trnyata jenis tattonya beda2 ya...tnx dah share..jd tau skrg, tq...

    BalasHapus